Pengertian Microsoft Exel, Fungsi serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Microsoft excel

Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Pengertian Microsoft Exel, Fungsi serta Kelebihan dan Kekurangannya

Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan.

Hingga saat ini, Microsoft Excel menjadi salah satu program spreadsheet terpopuler dan dipergunakan oleh berbagai kalangan, baik di platform Windows maupun Mac OS.

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Untuk mengoperasikan Excel sendiri terbilang gampang-gampang susah. Jika kita memang sudah tahu rumus dan logika perhitungan excel, maka dengan gampangnya menggunakan aplikasi ini. Sebaliknya jika kita belum paham maka kita tidak dapat menggunakannya secara optimal. Bahkan jika salah menggunakan rumus dapat berakibat kesalahan dalam membaca data. Maka dari itu pelajarilah rumus dan logika excel agar dapat mengoperasikan excel dengan baik dan optimal.


Fungsi Microsoft Excel

Microsoft excel biasa digunakan di perusahaan atau instansi pemerintahan, hal ini dikarenakan microsoft excel dapat membantu meringan pekerjaan seseoraang seperti menghitung menggunakan rumus, membuat grafik berdasarkan data penjualan atau yang lainnya. didalam micrososft excel kita dapat menggunakan rumus standar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Selain rumus standar tersebut terdapat rumus formula yang telah disediakan oleh microsoft excel seperti SUM (untuk menjumlahkan), MAX (menampilkan data yang terbesar), MIN (menampilkann data yang terkecil) dan masih banyak rumus formula yang lainnya dan memiliki fungsi yang berbeda beda.

Dengan adanya rumus rumus seperti diatas sehingga mempermudah penggunanya, dan menjadi banyak orang yang menggunakan microsoft excel. biasanya perusahaan menggunakan microsoft excel sebagai alat bantu untuk membuat laporan keuangan perusahaan atau untuk mencatat data barang penjualan atau pembelian. dengan microsoft excel perusahaan dapat menyimpan data di komputer dan data yang di dapat lebih akurat dengan microsoft excel.

KEGUNAAN MICROSOFT EXCEL
Program Microsoft Excel sering disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows. Kegunaan Microsoft excel adalah sebagai berikut:

1. Bidang Akuntansi - Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalahmenghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.

2. Kalkulasi Matematis - Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.

3. Pengelolaan Data - Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilaitengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.

4. Pembuatan Grafik - Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan nilaikomputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan sebagainya.

5. Operasi Tabel - Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yangmembutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.


Fungsi Microsoft Excel dalam kehidupan sehari-hari,

  1. Membuat sebuah laporan keuangan.
  2. Membuat Daftar Nilai.
  3. Membuat daftar hadir.
  4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat.
  5. Menghitung Kurs Mata Uang.
  6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan.
  7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran.
  8. Membantu dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika.
  9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah.
  10. Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat.

Dengan menggunakan Microsoft Excel dapat dijamin data akan akurat, tepat dan rapi karena hal-hal berikut ini:

Ms. Excel dapat

  • Menemukan dengan cepat pola dalam data.
  • Tepat di titik sasaran ? datanya valid, prosesnya pun cepat.
  • Dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja.
  • Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
  • The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.

Kelebihan Microsoft Excel  
Berikut adalah Kelebihan dari Ms. Exel :
  1. Pengorganisasian dataSalah satu manfaat terbesar dari Excel adalah fungsi utamanya, yakni kemampuan untuk mengatur sejumlah besar data dengan teratur dimana spreadsheet mempunyai kelogisan dan grafik yang bagus. Dengan adanya data yang terorganisir, maka akan mudah menganalisis dan mencernahasil pekerjaan terutama bila digunakan untuk membuat grafik dan presentasi data visual lainnya.
  2. Formula dan Fitur PerhitunganExcel dapat menggunakan angka-angka hampir seketika, membuat perhitungan secara berkelompok jauh lebih mudah daripada bekerja dengan kalkulator. Semuanya tergantung pada pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Excel, seperti rumus dan persamaan yang digunakan untuk menghitung cepat suatu persamaan sederhana maupun rumit dengan menggunakan data dalam jumlah besar.
  3. Dukungan Pihak KetigaExcel pada dasarnya dianggap sebagai standar terbaik untuk perangkat lunak spreadsheet dan dapat dinikmati pada sejumlah perangkat lain, termasuk smartphone dan tablet. Kebanyakan program spreadsheet lainnya juga memperbolehkan untuk mengimpor lembar Excel ke format asli mereka dan mengekspor spreadsheet mereka sendiri sebagai file Excel.
  4. Terintegrasi dengan OfficeSebagai bagian dari Microsoft Office, Excel bekerja pada hampir setiap bagian lain dari perangkat lunak Microsoft Office. Spreadsheet pada Excel dapat dengan mudah ditambahkan pada Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi laporan dinamis dan lebih visual. 

Kekurangan Microsoft Excel
Berikut adalah Kekurangan/kelemahan dari Ms. Exel :
  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Demikian Pembahasan Mengenai Pengertian Microsoft Exel, Fungsi serta Kelebihan dan Kekurangannya, semoga bermanfaat
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian Microsoft Exel, Fungsi serta Kelebihan dan Kekurangannya"

 
Copyright © 2015 Tugas Pelajar - All Rights Reserved
Powered Blogger