Pengertian MySQL serta kelebihan dan Kekurangannya

Dalam hal ini admin ingin mengulas sedikit mengenai Pengertian MySQL serta kelebihan dan Kekurangannya. sebelumnya admin mengucapkan banyak terimakasih kepada sobat yang udah mau berkunjung di blog admin. dan pada postingan kali ini sebelum sobat keluar dari blog admin, semoga wawasan sobat semakin bertambah.. Amin

Pengertian MySQL serta kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian MySQL serta kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian MySQL


MySQL merupakan sebuah perangkat lunak atau software sistem manajemen basis data SQL atau DBMS Multithread dan multi user. MySQl sebenarnya merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam database untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan secara mudah dan otomatis. MySQL diciptakan oleh Michael "Monty" Widenius pada tahun 1979, seorang programmer komputer asal Swedia yang mengembangkan sebuah sistem database sederhana yang dinamakan UNIREG yang menggunakan koneksi low-level ISAM database engine dengan indexing.
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Relational Database Management System (RDBMS)

MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.

Keistimewaan dari MySQL ini? Dari pengertian MySQL, kita ketahui bahwa MySQL merupakan sebuah software. Nah keistimewaan dari software ini diantaranya adalah portabilitas yang berarti MySQL bisa berjalan stabil di system operasi apapun seperti Linux, Windows dan lain sebagainya. Kemudian MySQL juga multi-user sehingga bisa digunakan secara bersamaan oleh beberapa pengguna. Selain itu, MySQL juga memiliki tipe data beragam, beberapa keamanan, kecepatan yang tinggi, dan penanganan basis data yang bisa dilakukan dalam skala yang besar.

Kelebihan MySQL


Sebagai software database dengan konsep database modern, MySQL memiliki banyak kelebihan.

1. Protability - MySQL dapat digunakan dengan stabil tanpa kendala, berarti pada berbagai sistem operasi diantaranya seperti Windows, Linux, Mac OS X Server, Solaris, Amiga HP-UX dan masih banyak lagi.


2. Open source - MySQL didistribusikan secara open source di bawah lisensi GPL, sehingga dapat memperoleh menggunakannya secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sepeserpun.

3. Multiuser - MySQL dapat digunakan untuk menangani beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini akan memungkinkan sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan pula.

4. Performance Tuning - MySQL memiliki kecepatan yang cukup menakjubkan dalam menangani query sederhana, serta mampu memproses lebih banyak SQL persatuan waktu.

5. Column Types - MySQL didukung tipe kolom(tipe data) yang sangat kompleks.

6. Command dan Functions - MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.

7. Scalability dan Limits - Dalam hal batas kemampuan, MySQL terbukti mampu menangani database dalam skala yang besar dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada setiap tabelnya.

8. Interface - Sama halnya dengan software database lainnya, MySQL memiliki interface (antarmuka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Aplication Programming Interface).

9. Struktur tabel - Struktur tabel MySQL cukup baik, serta cukup fleksibel. Misalnya ketika menangani Alter Table, dibandingkan database lainnya semacam ProgresSQL ataupun Oracle.


Kekurangan MySQL

1. Untuk koneksi kebahasa pemrograman visual seperti VB(Virus Basic), delphi, dan foxpro, MySQL kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan MySQL jarang dipakai dalam program visual.
Data yang ditangani belum begitu besar. Tidak cocok baik menyimpan data maupun untuk memproses data.

2. Program hanya dapat running di windows. Itupun untuk windows lama,untuk windows terbaru seperti Vista,Visual Basic sangat tidak stabil berjalan di platform tersebut,banyak kantor yang dapat menghubungkan laptop pegawai mereka untuk bergabung dalam sistem jaringan kantor.Bagaimana untuk pengguna Macintosh maupun Linux? Program tidak dapat dijalankan di laptop mereka. Walaupun bisa, program harus diinstall terlebih dahulu menggunakan emulator.

3. Tidak Praktis apabila diterapkan pada jaringan komputer. Itu dikarenakan VB program yang berdiri sendiri yang berarti harus diinstalasikan pada tiap komputer pada jaringan tersebut. Bayangkan apabila ada puluhan komputer? ada berapa lama waktu untuk instalasi dan pemeliharaannya?

4. Aplikasi yang rentan terkena virus, program yang dibuat menggunakan Visual Basic adalah berupa execution program(*.exe) yang dapat terinfeksi virus seperti virus Sality, program menjadi rusak dan tidak bisa dijalankan. apabila program terinfeksi tersebut di scan oleh antivirus, program akan dihapus dari sistem, sangat tidak aman untuk sebuah program yang menjadi tulang punggung perusahaan.

5. Mudah hang dan crash, program dari VB seringkali menjadi not responding lalu mati tiba-tiba.
Tidak multi user, apabila dalam satu jaringan komputer menggunakan program dalam satu waktu, salah satu user harus mengalah sampai user yang lain selesai menggunakan program.

6. Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja dalam server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluster Server.

Tambahan
Mengenai Softwere MySQL ini dia mempunyai keistimewaan tersendiri.
Dari pengertian MySQL, kita ketahui bahwa MySQL merupakan sebuah software. Nah keistimewaan dari software ini diantaranya adalah portabilitas yang berarti MySQL bisa berjalan stabil di system operasi apapun seperti Linux, Windows dan lain sebagainya.

Kemudian MySQL juga multi-user sehingga bisa digunakan secara bersamaan oleh beberapa pengguna. Selain itu, MySQL juga memiliki tipe data beragam, beberapa keamanan, kecepatan yang tinggi, dan penanganan basis data yang bisa dilakukan dalam skala yang besar.

Demikianlah Pembahasan mengenai Pengertian MySQL serta kelebihan dan Kekurangannya. semoga bermanfaat
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian MySQL serta kelebihan dan Kekurangannya"

 
Copyright © 2015 Tugas Pelajar - All Rights Reserved
Powered Blogger