Tipe Data Dasar pada Bahasa Pemrograman C++

Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya tentang Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah. Bahasa C adalah bahasa pemrograman prosedural yang memungkinkan kita untuk membuat prosedur dalam menyelesaikan suatu masalah. Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek.C++ Bahasa pemrograman C++ bisa disebut sebagai Middle level programming language yaitu bahasa pemrograman tingkat menengah yang berarti juga termasuk dalam High level programming language bahasa tingkat tinggi . Untuk itu pada postingan kali ini admin akan mengulas tentang tipe data dasar pada bahasa pemrograman c++.
Tipe Data Dasar pada Bahasa Pemrograman C++
Tipe Data Dasar pada Bahasa Pemrograman C++

Sedangkan dari Tipe data ini adalah suatu media atau memori pada komputer yang digunakan untuk menampung. Tipe data adalah klasifikasi variabel untuk menentukan bentuk keadaan data yang akan disimpan dalam memori dan jenis operasi apa yang dapat dilakukan oleh variabel tersebut. variabel memiliki 3 jenis tipe data yaitu Variabel Numerik, Variabel Text dan Boolean.

Variabel Numerik : Memungkinkan kita untuk menyimpan data dalam bentuk bilangan. Variabel numerik dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :  Bilangan Bulat (Integer “int”),  Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal (Floating Point “float”). Bilangan Desimal Berpresisi Ganda (Double Precision “double”).

Variabel Text : memungkinkan kita untuk menyimpan data dalam bentuk Karakter. Bahasa Pemrograman C++ menyediakan beberapa tipe data dasar seperti Char (Character / Karakter Tunggal) dan String (Kumpulan Katakter dan Kata).

Boolean : pada Bahasa Pemrograman C++  ditulis dengan menulisan “bool” merupakan jenis yang hanya dapat mewakili satu dari dua pilihan yaitu 1 (True) atau 0 (False).

Borland C++ memiliki 7 Tipe data dasar dan 3 tipe tambahan. Berikut ini adalah jenis – jenis dari tipe data  yang umum digunakan :
7 Tipe data dasar dan 3 tipe tambahan pada Borland C++
Tipe Data
Keterangan:
-Char - yaitu digunakan untuk menyimpan karakter
-Int - yaitu digunakan menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan menengah
-Short - yaitu digunakan untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan pendek
-Long - yaitu digunakan untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan panjang
-Float -yaitu digunakan untuk menyimpan bilangan cacah
-Double - yaitu digunakan untuk menyimpan bilangan cacah dobel
-Long Double - yaitu digunakan untuk menyimpan bilangan cacah dobel secara mendetail
Setiap tipe data memiliki besar memori yang berbeda dengan yang lain. Ketika kita sedang membuat variabel, kita sebenarnya sedang memesan memori untuk penyimpanan kepada komputer sebesar tipe data yang digunakan.

Demikian sedikit ulasan mengenai tipe data dasar pada bahasa pemrograman c++. Semoga bisa menambahak wawasan bagi sobat semua . Amin
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tipe Data Dasar pada Bahasa Pemrograman C++"

 
Copyright © 2015 Tugas Pelajar - All Rights Reserved
Powered Blogger