KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Peraktek Kerja Lapangan (PKL) ini sesuai yang diharapkan, pada kantor DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat.
Didalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini terdapat berbagai permasalahan dan rintangan, namun dapat teratasi berkat doa dan bantuan dari berbagai pihak serta bimbingan dari para pembimbing, olehnya itu penulis mengucapkan banyak terima kasih dan rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada :
- Bapak Ilham Zainuddin, selaku kepala kantor dan Ketua Umum DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat;
- Bapak Hamdan Dangkan S.Kom, M.T, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Tomakaka Mamuju;
- Bapak Fadly Oktovianto Muin, S.Kom, selaku Ketua Jurusan atau Pengelolah Ilmu Komputer Universitas Tomakaka Mamuju;
- Ibu Astrina S.Kom, Selaku pembimbing dan penanggung jawab penyusunan Laporan pelaksanaan Kerja Peraktek;
- Bapak Akbar. R, selaku pembimbing lapangan selama dalam mengikuti Peraktek Kerja Lapanga (PKL);
- Kepada seluruh Staf Kantor DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat, yang telah memberikan bantuan dan masukan selama dalam mengikuti Peraktek Kerja Lapangan (PKL), dikantor DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat;
- Kepada Bapak dan Ibu dosen Universitas Tomakaka Mamuju, yang telah banyak memberikan bimbingan, petunjuk dan nasehat selama dalam perkuliahan.
Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dari semua pihak, penulis laporan ini tidak akan dapat diselesaikan dengan baik. Didalam penulisan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis mengharapkan keritik dan saran yang sifatnya membangun.
Mamuju, 1 Februari 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN MOTTO
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Pelaksanaan PKL
1.2. Tujuan Pelaksanaan PKL
1.3. Manfaat Pelaksanaan PKL
BAB II PELAKSANAAN PERAKTEK KERJA LAPANG
2.1. Gambaran Umum Program Kerja
2.2. Spesifikasi Komputer yang digunakan
2.3. Program Komputer yang digunakan
2.4. Permasalahan dan Penyelesaian
BAB III GAMBARAN UMUM LOKASI PKL
3.1. Sejarah Perkembangan Kantor
3.2. Lokasi Pelaksanaan Peraktek Kerja Lapang (PKL)
3.3. Struktur Organisasi
3.4. Tugas dan Fungsi
BAB IV PENUTUP
3.2.1. Kesimpulan
3.2.2. Saran-saran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Pelaksanaan Kerja Praktek (KP)
Seiring dengan kemajuan ilmu teknologi informasi, khususnya di Provinsi Sulawesi Barat instansi sangat membutuhkan tenaga kerja yang termpil dan propesioanal guna meningkatkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarat, mengigat banyaknya anggota atau staf pada suatu instansi yang kurang mampu dalam mengoperasikan program komputer. Hal ini yang menjadi pertimbangan dan dorongan sehingga perguruan tinggi Universitas tomakaka mamuju untuk mengadakan Kerja Praktek (KP) pada dunia kerja baik itu isntansi pemerintah maupun perusahaan milik swasta.
Kerja Praktek (KP) ini merupakan sebuah program akademik yang dilaksanakan oleh pihak pengelola kampus sebagai salah satu bagian dari proses perkuliahan,selain itu program ini merupakan salah satu syrat bagi mahasiswa guna menyelesaikan study di Universitas Tomakaka Mamuju. Di samping itu program Kerja Praktek (KP) memiliki manfaat bagi mahasiswa guna mengembangkan ilmu pengetahuan tentang tegnologi informasi di luar kampus serta meningkatkan sumber daya manusia khususnya pada diri setiap mahasiswa yang berada di bawa naungan Universitas Tomakaka.
Instansi pemerintah dan swasta menjadi perioritas utama pelaksanaan program Kerja Praktek (KP) yang banyak menggunakan program komputer. Dengan harapan mahasiswa dapat merealisasikan dan menerapkan ilmu yang telah di dapat di bangku perkuliahan di dunia kerja secara langsung, serta dapat mengembangkan pola pikir dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan diadakannya program Kerja Praktek (KP) ini di harap dapat menekan angka pengangguran khususnya di Provinsi Sulawesi Barat, karena mahasiswa telah memiliki pengetahuan yang cukup dan siap pakai sesuai kebutuhan dunia kerja.
1.2. TUJUAN PELAKSAAN PRAKTEK KERJA (PKL)
Setiap melakukan suatu kegiatan pekerjaan tentunya mempunyai suatu tujuan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik, seperti degan hal pelaksaan program Pratek Kerja berjutuan agar mahasiswa dapat berlatih dalam melakukan suatu pekerjaan serta untuk menguji sejauh mana pemahaman dan kemampuan mahasisawa dalam mengoperasikan komputer, karena mahasiswa telah terjun langsung kedunia kerja dan dapat menambah pengetahuan yang mungkin tidak di dapat dalam proses perkuliahan, serta belajar dalam pelayanan kepada masyarakat luas yang menggunakan jasa informasi. Melalui kegiatan Pratek Kerja Lapang (PKL) ini pula mahasiswa juga di harapkan bisa belajar berorganisasi dan tidak menutup kemungkinan akan mampu mengatur dan menjalakan manajemen dalam suatu instansi atau perusahaan milik swata dan mengharapkan mampu menguasai ilmu menejemen dan bisnis.
1.3. Manfaat Pelaksanaan Peraktek Kerja Lapangan (PKL)
Setelah pelaksanaan Peraktek Kerja Lapangan (PKL), banyak hal yang dapat dipelaksanaan kegiatan ini baik dari pihak pengelola kampus maupun pada tempat pelaksanaan Program Kerja Lapangan (PKL) tersebut sehingga semua pihak akan merasakan manfaatnya, manfaat yang dapat diperoleh setiap mahasiwa baik berupa pengetahuan maupun pengalaman seama mengikuti kegiatan teeper tersebut seperti pengalaman bekerja secara professional, belajar menyelesaikan permasalahan dalam melakukan suatu pekerjaan, berorganisasi serta bekerja sama yang baik dan pengetahuan dalam mengoperasikan komputer.
1.3.1. Mahasiswa
Manfaat bagi mahasiswa sendiri yakni dapat membandingkan ilmu pengetahuan yang didapat dibangku perkuliahan dengan dunia kerja, bisa menerapkan ilmunya secara langsung, belajar bekerja sama, mempelajari hal-hal yang tidak dapat dalam lingkungan kampus serta mendidik dalam bertanggung jawab, serta lebih giat lagi belajar, selain itu juga meningkatkan kedisiplinan dan menumbuhkan jiwa kemandirian pada mahasiswa, bagaimana cara dalam berorganisasi serta menjadikan pembelajaran dalam menciptakan peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahtran mahasiswa itu sendiri.
1.3.2. Instansi
Manfaat bagi instansi adalah dapat meringankan dalam menyelesaikan pekerjaan karena mahasiswa Peraktek Kerja Lapangan (PKL) akan proaktif dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh pihak instansi, serta membantu dalam pengoprasin program komputer sehingga membantu memudahkan dalam penyelesaian tugas para staf instansi terkait. Mahasiswa peserta peraktek juga mampu membantu dalam penyelesaian maslah dalam hal pemeliharaan dan perbaikan bila ada kerusakan pada komputer sehingga data dan dokumen penting tidak akan mudah hilang dalam program komputer.
1.3.3. Perguruan tinggi
Manfaat Pelaksanaan Peraktek Kerja Lapangan (PKL) bagi perguruan tinggi yakni mampu menerapkan pendidikan di luar kampus, serta dapat menyesuaikan antara lulusan akademiknya dengan kebutuhan di dunia kerja khususnya di bidang Ilmu Teknik Imfomatika dan Komputer yang semakin hari semakin berkembang, dengan demikian Univesitas Tomakaka Mamuju akan melahirkan lulusan yang berkualitas dan siap pakai yang mampu bersaing di dunia kerja dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya yang ada di daerah ini yang jumlahnya juga semakin hari semakin bertambah, serta membawa nama baik kampus. Disamping itu program ini juga secara tidak langsung akan mempromosikan Universitas Tomakaka Mamuju kepada masyarakat luas, guna penerimaan mahasiswa baru di Tahun Ajaran berikutnya.
BAB II
PELAKSANAAN PERAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
2.1. Gambaran Umum Program Kerja
Dalam mengikuti program praktek kerja lapangan (PKL) penulis melaksanakan pada Kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD ASKONAS) Provinsi Sulawesi Barat selama satu bulan mulai 15 Desember 2014, yang beralamatan di jalan R.E. Martadinata No. 449, yang banyak mengunakan program komputer khususnya program aplikasi. Adapun kegiatan selama pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yakni melakukan pengetikan, mengagendakan surat masuk dan surat keluar serta membantu para staf menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan bantuan, serta menyusun dan menulis laporan selama mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD ASKONAS) Provinsi Sulawesi Barat tersebut dengan melakukan konsultasi kepada pembimbing baik dari kampus maupun dari pihak instansi semua jenis kegiatan dalam lampiran kegiatan. Adapun jenis pekerjaan terdapat dalam lampiran kegiatan.
2.2. Spesifikasi Komputer yang digunakan
Adapun spesifikasi dan jenis computer yang penulis gunakan selama dalam mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) pada kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD ASKONAS) provinsi Sulawesi barat adalah sebagai berikut:
1. Processor : Intel ® Pentium ® D CPU, 3.40GHZ (2CPUs)
2. Memory : 1024MB RAM
3. Hardisk : Maxtor 320 GB
4. Monitor : LG Flatron T730SH
5. CD Room : ASUS
6. Mouse : HP
7. Jenis Printer : EPSON L110
8. Keyboard : GENIUS
2.3. Program Komputer yang digunakan
Selama mengikuti peraktek kerja Lapangan (PKL) pada Kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD ASKONAS) Provinsi Sulawesi Barat, program computer atau aplikasi yang sering digunakan dalam melakukan pekerjaan baik dari instansi maupun dalam menyusun dan mengetik laporan Peraktek Kerja Lapangan (PKL) yaitu :
2.3.1. Microsoft Word
Microsoft Word atau MS Word adalah suatu program aplikasi komputer yang berfungsi untuk mengola kata (Word Processor). MS word terdiri dari beberapa versi. Versi-versi MS Word memiliki pola penggunaan yang sama, dan tidak memiliki banyak perbedaan dalam hal fasilitas dapat sigunakan dalam pengetikan dokumen dan surat lainnya. Aplikasi ini juga paling banyak digunakan oleh para pekerja di Instansi karena tidak begitu sulit dalam mengoprasikannya sehingga mudah untuk dipahami.
2.3.2. Microsoft Exel
Microsoft Excel adalah Aplikasi pengolah data berupa angka, table dan grafik. Aplikasi ini terdapat banyak kemampuan yang dapat dijalankan. Program aplikasi ini dikemas menjadi satu paket dalam Microsoft Office. Dalam lembaran kerja Excel terdapat banyak sekali kemampuan yang dapat dijalankan sangat baik digunakan atau menyelesaikan pekerjaan pada Instansi, yang berhubungan dengan dokumen kantor terutama yang berhubungan dengan masalah keuangan serta pembuatan laporan. Hanya ssaja pengoperasiannya agak lebih sulit bila dibandingkan dengan Aplikasi Microsoft Word.
2.3.3. SIKI
Aplikasi Siki yaitu aplikasi pembantu memudahkan dalam pekerjaan konstruksi yang dimana didalamnya mempunyai berbagai macam fungsi atau kegunaan diantaranya:
- Membuat KTA (Kartu Tanda Anggota) DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat baru
- Membuat SBU (Sertivikat Badan Usaha) DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat baru
- Memperpanjang masa aktif KTA dan SBU yang sudah tidak dapat digunakan
- Memudahkan pengeditan data
Dalam hal ini, KTA dan SBU Harus disahkan dengan Tandatangan/Paraf Ketua LPJKD (Lembaga Penyelenggara Jasa Konstruksi Daerah). Selain ini Anggota Asosiasi wajib memperpanjang SBU (Sertifikat Badan Usaha) setiap tahunnya.
2.4. Permasalahan dan Penyelesaian
2.4.1. Permasalahan
Selama melaksanakan Peraktek Kerja Lapang (PKL), tentunya ada permasalahan yang dialamioleh mahasiswa baik dalam melakukan pekerjaan sampai pada penulisan laporan, namun berkat bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak utamanya dari para pembimbing, serta semangat untuk mau belajar dari para mahasiswa permasalahan tersebut dapat diselesaikan sehingga peroses atau kegiatan selama di lokasi peraktek dapat berjalan dengan baik sesuai harapan begitupun dalam penulisan laporan kegiatan tentunya ada beberapa hal yang kurang dipahami oleh mahasiswa, namun berkat semangat dan kemauan untuk lebih giat belajar sehingga dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun permasalahan-permasalahan yang dialami selama Peraktek Kerja Lapan (PKL) diantaranya:
- Terjadinya kesalahan dalam melakukan pekerjaan yang diberikan oleh pihak Instansi
- Kurangnya pekerjaan yang diberikan oleh pihak Instansi
- Kurangnya pemantauan atau monitoring dari pihak kampus
- Masih minimnya jumlah computer dan printer pada Instansi terkait tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL).
2.4.2. Penyelesaian
Agar Program Praktek Kerja Lapang (PKL) berjalan dengan baik sesuai harapan maka setiap permasalahan yang ada harus dicarikan jalan keluar atau solusi yang terdapat sehingga tidak terjadi penghalang dalam menjalankan pekerjaan selama kegiatan berlangsung. Karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan setiap permasalan tersebut harus dijadikan motifasi untuk lebih giat lagi dalam belajar. Adapun beberapa cara penyelesaian masalah yang terjadi selama kegiatan ini berjalan adalah sebagai berikut:
- Memperbaiki kesalahan yang terjadi pada peker pekerjaan yang telah dilakukan dengan meminta bantuan pembimbing lapangan.
- Memaksimalkan waktu yang ada dalam mengoperasikan computer mengingat kurangnya jumlah computer yang ada.
- Proaktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak kampus.
- Melakukan konsultasi dengan pembimbing kantor dan kampus.
BAB III
GAMBARAN UMUM LOKASI PERAKTEK KERJA LAPANG PADA KANTOR DEWAN PIMPINAN DAERAH ASOSIASI KONTRAKTOR NASIONAL (DPD ASKONAS) PROVINSI SULAWESI BARAT
3.1. Sejarah Perkembangan Kantor
Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang para tokoh pejuang pembentukan Provinsi Sulawesi Barat baik dari kalangan tokoh masyarakat , tokoh pemuda dan tokoh agama yang tidak mengenal lelah dan pantang menyerah dalam mewujudkan cita-cita masyarakat, walau pun begitu banyak pengorbanan yang harus di lalui baik berupa materi maupun pemikiran yang menguras banyak tenaga,namun berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa serta doa dan dorongan masyarakat pada umumnya dan perjuangan yang begitu besar pada akhirnya Pada tahun 2015 Provinsi Sulawesi Barat telah di akui dan terdaftar sebagai provinsi yang ke 33 di dalam wilayah Republik Indonesia, sebagai provinsi termuda di Indinesia Sulawesi Barat masih jauh tertinggal dari provinsi lainnya, maka perlu di lakukan pembangunan di segala bidang guna memajukan daerah. Untuk mewujudkan hal tersebut maka perlu ada perangkat kerja daerah guna membantu pemerintah dalam menjalankan setiap program kerja pemerintah serta meningkatkan pembangunan. Olehnya itu pemerintah daerah membentuk beberapa satuan perangkat kerja daerah yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat demi mewujudkan Provinsi Sulawesi Barat yang maju, serta mengangkat nama baik daerah, salah satu dari perangkat kerja daerah yakni DEWAN PIMPINAN DAERAH ASOSIASI KONTRAKTOR NASIONAL (DPD ASKONAS) PROVINSI SULAWESI BARAT yang di pimpin oleh bapak Ilham Zainuddin yang beralamat di jalan R.E. Martadinata No. 449.
Bahwa dalam pembangunan nasional yang terwujudnya suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spirituil berdasarkan Pancasila, maka setiap warga negara Indonesia wajib memberikan darma bakti sesuai dengan profesi dan keahlian masing-masing.
Bahwa pembinaan dan pengembangan profesi jasa Konstruksi akan meningkatkan pengabdian profesi tersebut dalam pembangunan nasional yang pada hakekatnya adalah pembangunan seluruh masyarakat Indonesia, para Pengusaha yang bergerak dibidang jasa konstruksi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat / para anggotanya.
Dengan didorong kesadaran akan tugas dan tanggung jawab di bidang Kontraktor Nasional, baik dibidang Jasa Kontraktor Arsitektur, Sipil, Mekanikal, dan Tata Lingkungan.
3.2. Lokasi Pelaksanaan Peraktek Kerja Lapang (PKL)
Kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD ASKONAS) Provinsi Sulawesi Barat, berada dijalan R.E Martadinata No. 449.
3.3. Struktur Organisasi
Untuk menjalankan program kerja dengan baik maka perlu di adakan pembagian tugas sehingga semua pekerjaan dapat berjalan dan terlaksana dengan baik, karna masing-masing staf akan bertanggung jawab kepada tugas yang di bebankan, dan untuk menjalin kerja sama yang baik antar para Kepala kantor dan Staf atau pegawai. Adapun struktur organisasi unit kerja kantor DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat sebagai berikut:
- Ketua Umum Sebagai penanggung jawab semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional Provinsi Sulawesi Barat.
- Wakil Ketua Bertugas sebagai penghubung dari atasan kesemua bawahannya.
- Sekertaris / Tata Usaha Mengurus semua berkas atau dokumen instansi berupa surat-surat penting seperti laporan penanggung jawab,
- Wakil Sekretaris Bertugas sebagai penghubung antar ketua umum kantor dengan sekertaris.
- Bendahara Bertugas mengatur keuangan baik masukan maupun pengeluarannya.
- Wakil Bendahara Bertugas membantu bendahara dalam mengatur keuangan
- Ketua Komite partisipasi pembangunan Membrikan partisipasi dalam masalah bangunan konstruksi
- Ketua Komite Hubungan Pemerintah Bertugas sebagai penghubung dari Ketua Umum ke Pemerintahan
- Ketua Komite Sertifikasi Anggota Bertugas sebagai pengurus Komite Sertifikasi Anggota atau Kartu Tanda Anggota.
- Ketua Komite Organisasi dan Keanggotaan Menciptakan organisasi professional yang mandiri dan berkarakter dedi katif sehingga dipercaya masyarakat jasa konstruksi pada umumnya baik dalam negeri maupun luar negeri.
- Ketua Komite Kemitraan Usaha Mengupayakan penataan usaha Jasa Konstruksi yang sebaik-baiknya bagi pemakai jasa dan masyarakat umumnya.
- Ketua Komite Pelayanan Hukum Menegakkan norma profesi konstruksi yang luhur, berwibawa, tertib, disiplin dan terpercaya sesuai dengan Kode Etik dan Tata Laku Profesi Konstruksi.
- Ketua Komite Perlindungan Usaha Bertugas membimbing dan melindungi organisasi dalam menjalankan profesinya.
- Ketua Komite Teknologi Konstruksi Mencari informasi tentang konstruksi dari Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Kontraktor Nasional (DPP Askonas) dan Lembaga Penyelengara Jasa Konstruksi Nasional atau Daerah (LPJKD/LPJKN).
- Para Pegawai dan Staf. Bekerja sesuai pembagian tugas masing-masing serta melakukan pelayanan kepada masyarakat.
3.4. Tugas dan Fungsi
Sebagai salah satu perangkat kerja daerah kantor kantor dinas kehutanan provinsi Sulawesi barat, mempunyai tugas dan fungsi yang sangat besar dalam mewejudkan pembangunan daerah. Namun kerena niat dan kemauan yang besar serta kerja sama di antara para staf semua kewajiban tersebut menjadi terasa lebih ringan, salah satu tugas utama yakni pengawasan kepada masyarakat dlam hal pemanfaatan hasil hutan guna meningkatkan hasil pendapatan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat provinsi Sulawesi barat, dengandemikian daerah ini akan bisa lebih cepat berkembang dan dapat setara dengan daerah lain yang lebih dullu melakukan pembangunan.
DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat Didirikan dengan tujuan :
- Menghimpun pengusaha / perusahaan – perusahaan nasional yang bergerak dibidang jasa konstruksi didalam satu wadah.
- Membina dan mengembangkan kemampuan pengusaha jasa konstruksi menjadi tangguh dan professional, kokoh dan mandiri.
- Berperan dan ikut serta untuk meningkatkan pembangunan nasional.
- Membimbing, mengarahkan dan memperjuangkan kepentingan anggota kelangsungan anggotanya.
3.4. Tugas dan Fungsi
Sebagai salah satu Perangkat Kerja Daerah kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD Askonas) Provinsi Sulawesi Barat, Mempunyai tugas dan fungsi yang sangat besar dalam mewujudkan pembangunan daerah. Namun karena niat dan kemauan besar serta kerja sama diantara para staf semua kewajiban tersebut menjadi terasa lebih ringan sehingga dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat Provinsi Sulawesi Barat, dengan demikian daerah ini akan bisa lebih cepat berkembang dan dapat setara dengan daerah lain yang lebih dulu melakukan pembangunan.
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan oleh pengelola kampus setiap akhir semester genap merupakan bagian dari bagian akademik yang tujuannya agar peserta dapat lebih mengetahui setiap apa dan bagaimana cara bekerja dengan baik, berorganisasi serta meningkatkan kedisiplinan bagi peserta itu sendiri, karena didalam lingkungan kampus sangat jauh berbeda dengan dunia kerja.
Mulai kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah didapat dibangku perkuliahan kedalam dunia kerja serta dapat berbaur dengan masyarakat dilingkungan kerja.
Setelah lama mengikuti pelaksanaan Peraktek Kerja Lapangan (PKL) selama kurang lebih satu bulan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut telah berjalan sesuai harapan dan dapat terlaksana dengan baik. Penulis banyak menemukan pengetahuan serta pengalaman yang tidak didapat didalam kampus dengan kata lain mahasiswa dapat menerapkan ilmunya dan membandingkan apa yang telah didapatkan selama mengikuti peroses perkuliahan dengan kebutuhan tenaga kerja diluar kampus. Tingkat kedisiplinan makin meningkat, jiwa kemandirian telah tumbuh dalam diri mahasiswa serta mampu dalam hal penyelesaian permasalahan paham bagaimana bekerja serta berorganisasi yang benar dan sedikit demi sedikit memahami ilmu manajemen bisnis. Program pembelajaran dikampus sudah sesuai dengan standar kerja yang dibutuhkan oleh Instansi dan perusahaan milik swasta, selain itu pihak Instansi dan swasta juga sangat mendukung dengan adanya kegiatan Peraktek Kerja Lapang (PKL) ini dengan alas an mereka membutuhkan tenaga yang professional dan ahli khususnya dalam pengoprasian program computer karena selama ini banyak dari pegawai atau staf di Instansi pemerintah maupun perusahaan milik swasta kurang mampu mengoperasikan komputer.
4.2. Saran –saran
4.2.1. Untuk Kampus
Adapun saran dari penulis dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) sebelum peserta terjun kedunia kerja sebaikya diberikan pembekalan yang lebih, seperti apa dan bagaimana dunia kerja, dan kegiatan ini dapat dilanjutkan ditahun-tahun yang akan datang karena ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menambah ilmu pengetahuan yang tidak didapat dalam lingkungan kampus.
4.2.2. Untuk Instansi
Harapan kami selaku peserta Peraktek Kerja Lapang (PKL) agar kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD ASKONAS) Provinsi Sulawesi Barat masih menerima mahasiswa-mahasiswa yang ingin mengadakan Peraktek Kerja Lapang (PKL) ditahun-tahun yang akan datang, serta tidak bosan-bosannya memberikan bimbingan kepada setiap mahasiswa, dan kesempatan dalam menerapkan ilmu yang sesuai kemampuan mereka, serta memberikan bimbingan cara bekerja yang baik, mengajarkan dalam pengaturan manajemen sehingga mahasiswa dengan sendirinya akan mampu bekerja dengan baik untuk memberikan yang terbaik bagi Instansi tempat pelaksanaan Peraktek Kerja Lapang (PKL) tersebut.
4.2.3. Untuk Mahasiswa
Bagi para mahasiswa yang mengikuti Praktek Kerja Lapang (PKL) agar mempergunakan waktu yang semaksimal mungkin dan proaktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pihak instansi karena kesempatan hanya datang sekali. Meningkatkan semangat dan motifasi bekerja dan belajar yang lebih banyak lagi, karena Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah salah satu bagian dari proses perkuliahan dan syarat untuk menyelesaikan study di Universitas Tomakaka Mamuju. Selain itu bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan ini pada tahun berikutnya agar kiranya mencari Instansi atau perusahaan yang banyak menggunakan aplikasi komputer serta mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan selama dalam mengikuti Peraktek Kerja Lapang (PKL) agar apa yang diharapkan dapat tercapai sesuai harapan semua pihak. Serta meningkatkan kedisiplinan dan mematuhi aturan yang berlaku setiap instansi atau perusahaan terkait, selama mengikuti kegiatan tersebut dan yang tidak kala pentingnya adalah menjaga sopan santun dan nama baik kampus selama mengikuti kegiatan Peraktek Kerja Lapang (PKL).
LAMPIRAN KEGIATAN KERJA PRAKTEK KERJA LAPANG (PKL)
PADA KANTOR DEWAN PIMPINAN DAERAH ASOSIASI KONTRAKTOR NASIONAL
( D P D A S K O N A S )
PROVINSI SULAWESI BARAT
No | Hari / Tanggal | Jenis Kegiatan | Paraf pembimbing |
1 | Senin, 15-12-2014 | Melapor Ke Instansi | |
2 | Selasa, 16-12-2014 | Pengenalan dan arahan dari pihak Instansi | |
3 | Rabu, 17-12-2014 | Pembagian tugas kemasing-masing bidang | |
4 | Kamis, 18-12-2014 | Membuat surat balasan ke kampus | |
5 | Kamis , 18-12-2014 | Membuat absen peserta | |
6 | Jumat, 19-12-2014 | Membuat konsep laporan | |
7 | Sabtu, 20-12-2014 | Libur | |
8 | Minggu, 21-12-2014 | Libur | |
9 | Senin , 22-12-2014 | Mengagendakan surat dan mengetik laporan | |
10 | Selasa, 23-12-2014 | Mengagendakan surat masuk dan keluar | |
11 | Rabu, 24-12-2014 | Konsultasi kepembimbing Instansi | |
12 | Kamis, 25-12-2014 | Menyusun dan mengagendakan surat | |
13 | Jumat, 26-12-2014 | Bersih-bersih | |
14 | Sabtu, 27-12-2014 | Libur | |
15 | Minggu, 28-12-2014 | Libur | |
16 | Senin, 29-12-2014 | Membuat dan mencetak data Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Sertifikat Badan Usaha (SBU) askonas provinsi | |
17 | Selasa, 30-12-2014 | Membuat daftar badan usaha DPD Askonas tahun 2014 | |
18 | Selasa, 30-12-2014 | Membuat surat pernyataan admin dan bersih-bersih | |
19 | Rabu, 31-12-2014 | Libur | |
20 | Kamis, 01-01-2015 | Libur | |
21 | Jum’at, 02-01-2015 | Libur | |
22 | Sabtu, 03-01-2015 | Libur | |
23 | Minggu, 04-01-2015 | Libur | |
24 | Senin, 05-01-2015 | Meting sekaligus bersih-bersih | |
25 | Selasa, 06-01-2015 | Membuat dan mencetak Sertifikat Badan Usaha (SBU) bersama staf | |
26 | Rabu, 07-01-2015 | Membuat dan mencetak Sertifikat Badan Usaha (SBU) bersama staf | |
27 | Kamis, 08-01-2015 | Membuat dan mencetak Sertifikat Badan Usaha (SBU) | |
28 | Jum’at, 09-01-2015 | Mengantar SBU ke kantor LPJKD ( Lembaga Penyelenggara Jasa Konstruksi Daerah) untuk disahkan | |
29 | Sabtu, 10-01-2015 | Libur | |
30 | Minggu, 11-01-2015 | Libur | |
31 | Senin, 12-01-2015 | Mengetik Laporan | |
32 | Selasa, 13-01-2015 | Mengambil Blanko KTA dan SBU di kantor LPJKD | |
33 | Selasa, 13-01-2015 | Membuat Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Sertifikat Badan Usaha (SBU) | |
34 | Rabu, 14-01-2015 | Mengesahkan KTA dan SBU di kantor LPJKD | |
35 | Kamis, 15-01-2015 | Mengetik laporan | |
36 | Jum’at, 16-01-2015 | Berpamitan Kepada Ketua Umum DPD Askonas dan Staf/pegawai |
LEMBAR PENILAIAN PRAKTEK KERJA LAPANG (PKL)
PERUSAHAAN / INSTANSI
Nama : Andi Abd Khalik Awitrom
No. Induk Mahasiswa :12 025 0502 004
Jurusan : Teknik Informatika
Judul Laporan PKL : Laporan Praktek Kerja Lapang (PKL) pada Kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD Askonas) Provinsi Sulawesi Barat
Tempat PKL : Kantor Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD Askonas) Provinsi Sulawesi Barat
Jabatan : Staf
Nilai : (0-100)
Mamuju, 1 februari 2015
Dosen Pembimbing Pembimbing Lapangan
ASTRINA, S.Kom Akbar. R
Tanggal mulai PKL : 15 Desember 2014
Tanggal batas akhir PKL : 15 Januari 2015
LEMBBAR KONSULTASI DAN NILAI KERJA LAPANG
Nomor Induk : 12 025 0502 004
Nama : Andi Abd Khalik Awitrom
Jurusan : Teknik Informatika
Tempat PKL : Kantor DPD Askonas Provinsi Sulawesi Barat
Dosen Pembimbing : Astrina, S.Kom
A. Konsultasi PKL
NO | Tanggal | Uraian | Paraf Pembimbing |
1 | |||
2 | |||
3 | |||
4 | |||
5 | |||
6 | |||
7 | |||
8 | |||
9 | |||
10 |
B. Tanggal Persentasi Hasil PKL :
C. Nilai PKL :
Mamuju, 01 Februari 2015
Dosen Pembimbing
ASTRINA, S.Kom
0 Komentar untuk "Contoh Laporan Kerja Praktek Lapang (PKL)"