Berikut Keunggulan dan Kelemahan Pada Komputer

Dalam setiap penggunaan komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan, tentunya kita akan merasakan keunggulan dan kelemahan didalam penggunaanya. Tentunya kita pasti sudah mendengar dengan namanya komputer mainframe. Komputer mainframe ini juga biasa atau sering dikenal sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang sangat besar.
Kelebihan dan kekurangan pada Komputer

Komputer yang selalu kita gunakan ini tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurngan sebagai berikut.
Keunggulan Komputer
Berikut bebrapa keunggulan yang terdapat  pada komputer 

1. Speed (kecepatan dalam pengolahan)
Kecepatan komputer tergantung pada unsur atau komponennya. walaupun komputer menggunakan processor yang cepat sedangkan komponen yang lainnya tidak mendukung, tentunya komputer tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Namun dalam artian kecepatan dalam pengolahan bagaimana dia membantu kita untuk mengolah suatu data atau tugas lainnya

2. Accuraty (ketelitian yang tinggi)
Seperti yang telah kita ketahui Komputer merupakan suatu alat pengolah data dengan kemampuan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Faktor yang memegang atau yang berperan disini adalah jenis memory atau storage yang dipergunakan oleh sistem Komputer. Komputer ini mampu mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang bersifat rumit dan kompleks dalam pengelolaan data, misalnya tugas matematika dan analisa ilmiah. Tugas-tugas tersebut biasanya menuntut adanya faktor ketelitian yang tinggi. Faktor ini sangat dipengaruhi oleh adanya program software (Perangkat Lunak) yang saat ini berkembang dengan pesat. Dengan adanya software yang tersedia, penyelesaian apapun yang kalian hadapi dapat diselesaikan oleh Komputer dengan ketepatan proses yang dapat dipertanggung jawabkan.

3. Versaticity (ingatan yang tak mudah lupa).
Tentunya Komputer ini memiliki daya ingat yang tinggi. dia mampu mengingat semua tugas-tugasnya yang dijalankan oleh user atau penggunanya.

4.Capasity (mampu mengolah data dalam jumlah besar)Komputer mampu melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dalam jumlah yang besar dengan kecepatan tinggi.

5.Tidak mudah lelah. 
Sistem pada Komputer tidak akan mati walaupun berjalan selama 24 jam, namun hal ini kita sebagai user atau penggunanya harus memiliki rasa kasihan kepada komputer ,, Haha. dalam artian bagaimana caranya agar komputer kita bisa bertahan lebih lama.

6. Dpat dipercaya
Komputer yang kita gunakan tentunya dapat dipercaya, bagaimana anda bisa menyimpan data file anda kalau anda sendiri tidak mempercayainya, :D .

Maksudnya ialah kembali pada nomor pertama diatas. yaitu komputer ini tentunya dapat membantu kita untuk menyeesaikan suatu masalah.

7. Easy For Use (Kemudahan pemakaian)
Sistem komputer sangat mudah digunakan hanya saja mungkin disebagian orang masih ada yang belum bisa menggunakannya padalah sistem komputer ini sangatlah tidak ribet. dia bekerja sesuai kehendak user, dan akan menampilkan peringatan jika ada permasalahan.

8. Fungsionality (Kegunaan dalam pemakaian)Setiap jenis dan merek Komputer yang ditawarkan saat ini masing-masing mempunyai keistimewaan antara satu dengan lainnya yang berbeda. Misalnya satu merek Komputer mempunyai keistimewaan yang memungkinkan dapat melakukan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh Komputer lain. Jenis lainnya hanya dapat digunakan untuk keperluan khusus (special purpose), misalnya Komputer yang dipakai untuk bidang kesehatan, Komputer untuk pengaturan lalu-lintas dan lain-lain.

9. Expandability (Kemampuan pengembangan)
Jika suatu tugas yang anda hadapi semakin berkembang, di lain pihak kemampuan Komputer anda mempunyai keterbatasan, maka untuk mengatasi hal ini anda tidak usah khawatir, sebab Komputer mempunyai sifat dapat dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya.

Dengan itu jika kalian menambah atau menghubungkan komputer kalian dengan external storage yang dikenal dengan Disk Drive, Hard Disk atau Compact Disk (CD), maka anda dapat menyelesaikan tugas yang dihadapi dengan mudah. Biasanya, kemampuan komputer sejalan dengan perkembangan teknologi hardware, untuk itu diperlukan pengamatan perkembangan teknologi dengan mengakses informasi baik dari majalah, internet atau berkunjung ke pameran-pameran elektronik dan komputer.

Kelemahan Komputer
Selain keunggulan-keunggulan pada komputer diatas namun komputer ini juga memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa kelemahan-kelemahan pada komputer
  1. Tidak dapat berpikir, karna hanya berupa mesin.
  2. Mengikuti perintah, yang hanya berupa program.
  3. Hanya bekerja dengan bahasa mesin.
  4. Biaya operasional relatif lebih mahal.
  5. Untuk melakukan hal yang lebih pada komputer maka diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
  6. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.
  7. Menghabiskan atau Pemborosan waktu dan tidak produktif, apabila ternyata malah digunakan untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Misalnya bermain game atau chatting.
  8. Untuk memerintahkan atau mengendalikan komputer untuk mengerjakan sesuatu hal maka kita harus memberikan perintah/instruksi tahap demi tahap dengan urutan yang benar. Karna walaupun bagaimanapun komputer hanya lah sebuah alat, yang terpenting adalah manusia yang menggunakannya.
Demikianlah postingan ini mengenai Keungguan dan kekurangan atau kelemahan pada komputer. semoga menambahkan wawasan tentang komuter ini. Ok, Sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Berikut Keunggulan dan Kelemahan Pada Komputer"

 
Copyright © 2015 Tugas Pelajar - All Rights Reserved
Powered Blogger