Blogging adalah bisnis, dan setiap bisnis memerlukan rencana yang efektif. Apapun sifat bisnisnya, itu tidak masalah tapi harus ada rencana. Rencana Bisnis menggambarkan status terkini dari bisnis yang ada dan memberikan panduan untuk peramalan masa depan. Berpikir tentang masa lalu tidak akan membuat bisnis blog anda sukses. Jika Anda ingin membangun bisnis Anda maka Anda harus memikirkan masa depan. Seperti yang dikatakan oleh seorang penulis ternama "Anda tidak pernah bisa merencanakan masa depan di masa lalu", jadi ingatlah kutipan populer ini dan mulailah sebuah rencana bisnis yang efektif untuk blog Anda.
Rencana Bisnis yang Efektif untuk Blogger
Sebagai blogger, tujuan Anda adalah 'Profit OR Earnings' dan untuk itu, Anda harus terlebih dahulu memikirkan visi Anda. Anda harus tahu tentang pembaca, sifat dan kebutuhan mereka. Jika Anda gagal Anda mungkin patah hati, tapi jika Anda tidak pernah mencobanya, Anda pasti akan hancur.
S = Strength (Kekuatan)
Jika Anda pikir Anda memiliki kemampuan tertentu dan Anda ahli dalam hal itu, maka inilah kekuatan Anda. Ini akan memberi Anda nama merek di bidang itu.
W = Weaknesses (Kelemahan)
Jika Anda pikir Anda lemah di daerah manapun, maka cobalah atasi pada kelemahan Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan keuntungan ekstra dan Anda akan bisa memanfaatkan semua keahlian Anda.
O = Opportunities (Peluang)
Jika seseorang memberi Anda domain atau hosting gratis, artikel, paket iklan dll itu adalah kesempatan untuk Anda. Atau jika Anda berpikir ada sesuatu yang tersedia untuk Anda yang dapat membantu Anda dalam bisnis Anda, maka tunjukkan semua cara itu.
T = Threats related to your blog (Ancaman yang berhubungan dengan blog Anda)
Jika sebuah bisnis memiliki lebih banyak pesaing, butuh lebih banyak perjuangan dan Anda ingin bersaing dengan bisnis itu. Ada ancaman untukmu. Jika ada beberapa ancaman bagi Anda jika Anda memulai sebuah "Blog" pada sebuah topik, maka jangan lakukan itu. Tunjukkan semua ancaman dan kemudian buat keputusan.
Demikian 5 Langkah Sederhana untuk Rencana Bisnis yang Efektif untuk Blog Anda ini agar kiranya anda dapat memulai membangun sebuah blog dan meraih kesuksesan.
![]() |
Tips Bloggers |
Rencana Bisnis yang Efektif untuk Blogger
1. MisiHal pertama yang harus Anda tanyakan dari diri Anda adalah apa misi Anda? Apa sebenarnya yang ingin Anda capai, dan sumber daya apa yang tersedia yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.
Sebagai blogger, tujuan Anda adalah 'Profit OR Earnings' dan untuk itu, Anda harus terlebih dahulu memikirkan visi Anda. Anda harus tahu tentang pembaca, sifat dan kebutuhan mereka. Jika Anda gagal Anda mungkin patah hati, tapi jika Anda tidak pernah mencobanya, Anda pasti akan hancur.
2. Nama MerekBranding bisnis Anda adalah langkah paling efektif dalam rencana bisnis. Misalnya lihat saja nama merek blog ini yaitu "Mamuju Komputer", sekarang inilah yang harus anda pikirkan. Pertama merekkan blog Anda dengan nama sehingga pembaca Anda bisa menggunakan nama merek Anda sebagai referensi Anda.
3. Tujuan dan TujuanTentu saja, tujuan Anda adalah meraih penghasilan sebanyak mungkin, dan membangun nama merek Anda seperti "Problogger". Anda tidak akan menghasilkan uang jika Anda gagal untuk membagi tujuan Anda menjadi tujuan. Temukan semua platform yang tersedia yang dapat membantu Anda dalam promosi blog Anda. Bagi waktu untuk setiap tujuan, Misalnya, Waktu Posting, Mempromosikan Waktu, Koreksi Waktu dll dan kemudian Alokasi Sumber Daya, yaitu platform mana yang harus Anda gunakan terlebih dahulu untuk promosi blog Anda, dll.
4. Analisis SWOTIni adalah salah satu langkah paling penting untuk bisnis. Sebagai blogger, Anda harus menunjukkan S = Strength (Kekuatan), W = Weaknesses (Kelemahan), O = Opportunities (Peluang) and T = Threats related to your blog (Ancaman yang berhubungan dengan blog Anda).
S = Strength (Kekuatan)
Jika Anda pikir Anda memiliki kemampuan tertentu dan Anda ahli dalam hal itu, maka inilah kekuatan Anda. Ini akan memberi Anda nama merek di bidang itu.
W = Weaknesses (Kelemahan)
Jika Anda pikir Anda lemah di daerah manapun, maka cobalah atasi pada kelemahan Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan keuntungan ekstra dan Anda akan bisa memanfaatkan semua keahlian Anda.
O = Opportunities (Peluang)
Jika seseorang memberi Anda domain atau hosting gratis, artikel, paket iklan dll itu adalah kesempatan untuk Anda. Atau jika Anda berpikir ada sesuatu yang tersedia untuk Anda yang dapat membantu Anda dalam bisnis Anda, maka tunjukkan semua cara itu.
T = Threats related to your blog (Ancaman yang berhubungan dengan blog Anda)
Jika sebuah bisnis memiliki lebih banyak pesaing, butuh lebih banyak perjuangan dan Anda ingin bersaing dengan bisnis itu. Ada ancaman untukmu. Jika ada beberapa ancaman bagi Anda jika Anda memulai sebuah "Blog" pada sebuah topik, maka jangan lakukan itu. Tunjukkan semua ancaman dan kemudian buat keputusan.
5. Rencana KeuanganTanpa keuangan, tidak ada yang bisa memulai dan mempromosikan bisnis. Saat mengembangkan rencana bisnis (Untuk Blog) Anda harus memikirkan anggaran Anda. Jika Anda memulai blog Anda dengan Web Hosting murah maka itu tidak akan efektif untuk blog Anda. Memulai sebuah blog dengan web hosting ternama itu akan memberi Anda banyak manfaat. Semua keputusan semacam itu hanya mungkin dilakukan saat anggaran Anda tinggi dan Anda berada pada posisi untuk mampu memberikan layanan berkualitas tinggi untuk blog Anda.Dan ini tentunya anda akan semakin semangat dalam membangun blog anda. Rencana Bisnis yang Efektif bergantung pada anggaran Anda, anggaran tinggi akan memberi Anda rencana bisnis yang lebih efektif untuk blog Anda.
Demikian 5 Langkah Sederhana untuk Rencana Bisnis yang Efektif untuk Blog Anda ini agar kiranya anda dapat memulai membangun sebuah blog dan meraih kesuksesan.
0 Komentar untuk "5 Langkah Sederhana untuk Rencana Bisnis yang Efektif untuk Blog Anda"